Skip to main content

Introvert dan Extrovert

  Di kelas, rumah, keluarga, tetangga, atau di lingkungan sobat pasti terdapat orang-orang yang memiliki keperibadian Introvert yang biasa di juluki sih pendiam, atau Estrovert yang biasa di juluki sih lasak atau yang tidak bisa diam. oke mari kita langsung saja, selamat membaca.

A. Introvert
  C.G Jung secara sederhana menjelaskan bahwa pengertian Introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

  Dengan kondisi seperti ini, seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan serta memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.

  Seseorang yang introvert sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dapat di lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain) seperti membaca, menulis, bermain komputer, menonton film, menggambar, melihat pemandangan, dan lain lain.

Ciri-ciri orang Introvert :1. Lebih suka memendam rasa sendiri.
2. Lebih nyaman berkumpul dengan orang yang udah dikenal lama.
3. Pendiam dan tenang.
4. Tidak terlalu suka dengan kerja kelompok.
5. Jarang senyum.
6. Tidak terlalu suka keluar rumah, biasa nya lebih suka meluangkan banyak waktu di kamar.
7. Cuek terhadap sekitar.
8. Tidak suka di tanya dengan banyak pertanyaan, apalagi yang tidak penting.
9. Tidak suka sama orang yang terlalu banyak bicara.
0. Tidak terlalu suka dengan keramaian.

Ciri-ciri perempuan yang di sukai orang introvert
1. Yang selalu ada buat dirinya.
2. Menegurnya saat dirinya sendirian.
3. Yang perhatian terhadapnya.
4. Sama sama introvert, tapi tidak cuek melainkan peduli.
5. Yang paling penting perempuan.
 
  Orang introvert lebih hati-hati dalam memilih teman, bukan berarti mereka memilih-milih teman, hanya saja bagi mereka berteman bukan hanya sekedarnya saja, namun lebih dari itu, berteman bagi orang introvert adalah membangun relasi atau hubungan yang lebih bermakna dengan orang lain.

  Oleh karena itu, hubungan pertemanan yang terjalin pun cenderung mengarah pada hubungan yang sangat mendalam bagi introvert.

  Orang introvert lebih menyukai perbincangan dengan sedikit orang, namun dengan bahasan yang mendalam. Mereka lebih menyukai perbincangan yang penuh makna ketimbang basa-basi.
Hal tersebut bukan berarti introvert hanya mau berteman dengan yang introvert saja, namun mereka juga bisa menjalin hubungan pertemanan dengan orang yang extrovert. Sebaliknya, orang extrovert cenderung lebih menyukai untuk memilih teman dari kalangan extrovert juga.

  Ada kalanya orang introvert mampu menghabiskan waktu sendirian di rumah, sambil membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan hobi lainnya di rumah. Ia tidak akan merasa bosan dengan hal-hal tersebut. Ia justru jadi tambah bersemangat dan bisa lebih fokus setelah menghabiskan banyak waktu sendiri.

  Hal ini berbeda sekali dengan tingkah laku orang extrovert yang umumnya ingin selalu menghabiskan banyak waktunya dengan banyak orang, dan merasa jenuh, bosan, atau bahkan jadi tidak bersemangat bila tidak bertemu banyak orang.

  Menurut beberapa studi, orang introvert cenderung lebih mudah untuk tidak fokus (terganggu konsentrasinya), terutama di lingkungan yang ramai (banyak orang). Itulah sebabnya, mengapa mereka yang introvert terkadang lebih membutuhkan waktu dan suasana yang tenang dan tidak terlalu ramai.

  Seorang introvert cenderung berpikir dahulu sebelum bicara, sedangkan extrovert sebaliknya. Orang introvert ingin terlebih dahulu mengerti sepenuhnya mengenai sesuatu hal sebelum mereka mengutarakan pendapatnya atau menjelaskan mengenai hal itu.

  Orang introvert kerap kali dicap sebagai seorang yang pemalu. Padahal tidak. Introvert berbeda dengan pemalu. Seorang pemalu terkesan tidak aktif dalam pergaulan karena memiliki ketakutan akan penilaian negatif tentang dirinya. Sementara orang introvert terkesan tidak aktif dalam pergaulan karena memiliki kecenderungan untuk lebih tenang dan pendiam, bukan karena takut atau malu.

  Apakah sobat memiliki kemiripan seperti yang diatas ?? kalau saya sih ada kemiripan seperti yang diatas, saya juga tergolong orang yang introvert.

B. Extrovert


  Extrovert merupakan kebalikan dari Intorvert, extrovert adalah seseorang yang memiliki sifat, kondisi, atau kebiasaan yang dominan sangat senang dengan kepuasan yang mereka temukan di luar dari diri mereka sendiri.
Ciri-ciri orang Extrovert
1. Mudah bergaul dengan orang baru.
2. Suka ngejahilin orang.
3. Percaya diri yang tinggi (terkadang berlebihan).
4. Berbicara atau melakukan sesuatu sebelum berfikir.
5. Sangat suka bercerita daripada mendengarkan orang lain.
6. Senang di kermaian.
7. Suka mencari perhatian.
8. Hiperaktif.
9. Suka berinteraksi dengan orang banyak sekaligus.
0. Suka jalan-jalan (tidak terlalu betah dirumah).

Ciri-ciri perempuan yang disukai orang extrovert
1. Suka perempuan yang bisa diajak bercanda.
2. Tidak mempunyai banyak teman laki-laki.
3. Sedikit pengatur.
4. Udah dikenal lama.
5. Manis dan cantik mungkin, saya kurang tahu pasti.

  Saya juga termasuk orang extrovert, apakah sobat bingung kenapa saya memiliki dua kepribadian yang berbeda ?? itu karena hasil campuran dari introvert dan extrovert yang disebut ambivert, yap ambivert adalah perpaduan antara introvert dan extrovert.

C. Ambivert
  orang ambivert adalah mereka yang memiliki ciri-ciri extrovert dan introvert. Mereka yang tergolong ambivert disebut-sebut lebih baik dalam memahami emosi orang lain karena gabungan sifat terbuka dan tertutup. Ambivert memiliki sisi kepribadian introvert dan extrovert yang seimbang.

  Untuk soal ciri-ciri orang ambivert, sobat bisa lihat itu diatas, yaitu cukup menggabungkan ciri-ciri orang introvert dan extrovert.

  Orang yang memiliki kepribadian ambivert terkadang dapat menjadi introvert yang pendiam atau extrovert yang suka beraktifitas, hal ini bukan karena orang ambivert itu labil.

  Orang ambivert adalah teman yang baik, karena mereka lebih dapat memahami kalian yang memiliki kepribadian introvert dan extrovert.

  Ambivert memiliki kepribadian yang fleksibel, cukup mudah bergaul, dan enak diajak curhat, walaupun terkadang bisa menjadi orang yang sangat pendiam, dan terkadang juga bisa menjadi orang yang sangat hiperaktif, tapi hal ini tidak selalu terjadi, dan hanya terkadang saja.

  Ambivert adalah orang yang berpotensi menjadi pemimpin yang baik, karena ambivert bisa menjadi orang yang tegas, memiliki pemikiran analitis, kritis dan mempunyai perencanaan yang matang, dan ambivert juga lebih dapat memahami anggotanya.

sekian dan terima kasih, kalau boleh like fanspage ane ya ^_^

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

Macam-Macam Program Berbasis Grafis Beserta Pengertiannya

Tipe-tipe grafis komputer Grafis adalah semua gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian semua gambar yang bermunculan pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat x dan y. Grafis dalam hal ini merupakan kata lain dari Citra visual image atau secara hukum kita sebut sebagai gambar. Desain grafis terbagi menjadi dua, yaitu desain bitmap dan vektor. 1. Grafis bertipe vektor Grafis dengan tipe atau format vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Vektor menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Objek Vector banyak digunakan dalam pembuatan desain teks dan logo. Kualitas hasil tampilan vektor tidak tidak tergantung pada resolusi gambar (istilahnya : resolution Independent ), yang artinya vektor bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran da

Macam-Macam Perangkat Masukan (Input Devices) dan Fungsinya

Minggu Berbagi Ilmu - Perangkat masukan (Input device) adalah perangat yang bertujuan untuk memasukan data kedalam prosesor atau memori menjadi suatu informasi yang diperlukan melalui media alat/perangkat seperti : keyboard, mouse, touchpad dan lain-lain. Berikut ini adalah macam-macam perangkat masukan beserta fungsinya : 1. Keyboard Keyboard merupakan perangkat masukan yang dapat mengubah data, huruf, angka ataupun kode lain menjadi isyarat listirk yang dapat diperoses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai perangkat masukan dan merupakan perangkat yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong ( punch card). secara garis besar sistem keyboard biasanya terdiri dari tombol-tombol. Tombol pada keyboard dibagi menjadi empat bagian yaitu typewriter (pengetikan), numeric key (angka), function key (fungsi), dan control key (kontrol). 2. Pointing device (Mouse) Mouse adalah perangkat keras atau alat untuk menempatkan insertio

Macam-Macam Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola - Sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling banyak diminati, terutama pada kaum laki-laki. Dalam bermain sepak bola juga tidak boleh asal-asalan, karena harus mengandalkan skill ( kemampuan ), strategy ( strategi ), dan speed ( kecepatan ). Jika kamu bermain sepak bola tanpa mempelajari teknik dasarnya maka kamu akan merasa kesulitan. Terlebih lagi jika kamu sangat jarang berlatih. Padahal jika kamu sering berlatih kamu akan mendapat sisi positifya, misalnya tubuh yang sehat dan bugar yang tidak gampang terkena penyakit. Untuk menjadi pemain sepak bola profesional tentunya kamu harus menguasai teknik dasar terlebih dahulu. Maka dari itu di artikel saya kali ini, saya akan membahas bagaimana cara melakukan teknik dasar sepak bola dengan benar dan lengkap, supaya kamu dapat menjadi pemain sepak bola yang profesional. 1. Teknik Dasar Menendang Bola Menendang bola adalah gerakan mengayunkan kaki dan mengarahkannya pada sasaran tertent

Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Telekomunikasi

Fungsi dan Proses Kerja Perangkat Telekomunikasi 1. Wireline Komunikasi secara wireline adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan kabel. Cara kerjanya adalah dengan mengubah data digital menjadi data sinyal listrik dan kemudian dipancarkan ke tempat tujuan. Kemudian oleh penerima sinyal listrik diubah kembali menjadi data digital. 2. Wireless Berbeda dengan wireline, komunikasi secara wireless adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa menggunakan konduktor elektronik atau tanpa kabel. Cara kerjanya adalah dengan mengubah data digital menjadi data sinyal elektromagnetik dan kemudian dipancarkan ke tempat tujuan. Kemudian oleh penerima sinyal elektromagnetik diubah kembali menjadi data digital. 3. Satelit Mirip dengan wireless, komunikasi secara satelit adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa menggunakan konduktor elektronik atau tanpa kabel. H

Cara Memindahkan Akun Pubg Mobile Dari Android Ke Android Lain

Minggu Berbagi Ilmu - winner winner chicken dinner... Selamat datang diblog saya yang sederhana ini para pemain PUBG Mobile atau PUBGM. Sudah berapa banyak kemenangan yang telah kalian dapatkan ?? Kalau saya sih sudah lupa karena sudah lama tidak bermain PUBG Mobile , habisnya Handphone Android saya sudah tidak kuat untuk bermain PUBG Mobile daripada saya paksakan terus android saya meledak mending saya berhenti ya kan, dan jika saya punya dana yang cukup, saya akan beli hanphone baru biar bisa main lagi hehehe... Setelah saya berpikir tentang hal ini tiba-tiba timbul ide saya untuk membuat artikel Cara memindahkan akun Pubg Mobile dari android ke android lain ini, Daripada saya bengong-bengong mending saya ngetik ya kan. Nah kalau gitu mari kita langsung saja untuk mempraktekannya. Berikut adalah Cara memindahkan akun Pubg Mobile. 1. Pertama-tama buka aplikasi PUBG Mobile di android kamu. 2. Setelah itu masuk ke menu dengan cara mengklik icon Setting atau Pengatura