Skip to main content

Macam-Macam Perangkat Masukan (Input Devices) dan Fungsinya

Minggu Berbagi Ilmu - Perangkat masukan (Input device) adalah perangat yang bertujuan untuk memasukan data kedalam prosesor atau memori menjadi suatu informasi yang diperlukan melalui media alat/perangkat seperti : keyboard, mouse, touchpad dan lain-lain.

Berikut ini adalah macam-macam perangkat masukan beserta fungsinya :

1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat masukan yang dapat mengubah data, huruf, angka ataupun kode lain menjadi isyarat listirk yang dapat diperoses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai perangkat masukan dan merupakan perangkat yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).

secara garis besar sistem keyboard biasanya terdiri dari tombol-tombol. Tombol pada keyboard dibagi menjadi empat bagian yaitu typewriter (pengetikan), numeric key (angka), function key (fungsi), dan control key (kontrol).

2. Pointing device (Mouse)

Mouse adalah perangkat keras atau alat untuk menempatkan insertion point/cursor dengan cepat pada teks/naskah, dan juga untuk memilih ikon-ikon/memilih menu dalam menjalankan perintah-perintah. Secara umum bentuk fisik mouse terdiri atas dua tombol serta roda penggerak (Wheel).

Untuk lebih memahami kegunaan aplikasi tombol-tombol pada perangkat masukan satu ini kamu dapat memperhatikan tabel berikut.

ISTILAH
TOMBOL YANG DITEKAN KEGUNAAN
Klik Tombol kiri Memilih perintah/menu, memindahkan kursor ke suatu tempat
Klik kanan Tombol kanan Memunculkan pop-up menu
Klik ganda Tombol kiri, klik sebanyak dua kali dengan cepat Menjalankan program atau membuka file
Drag and Drop Tobol kiri, ditahan dan diseret Memindahkan Objek

3. joystick


Joystick adalah perangkat keras yang biasanya digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (Game). Pada prinsipnya cara kerja josystick sama dengan perangkat mouse hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil yang dapat digerakan kesegela arah dan memiliki tombol-tombol perintah tertentu.

4. Scanner

Scanner merupakan bentuk pertama dari alat pembaca pengenal karakter tinta (Magnetik Ink Character Recognition). Perangkat ini biasanya banyak digunakan oleh bank-bank untuk transaksi cek. Akhir-akhir ini sudah dikembangkan suatu perangkat scanner (optical data reader) yang digunakan untuk membaca data langsung dari kertas biasa dan tanpa menggunakan tinta magnetik yang khusus.


5. Microphone

Microphone merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik, dan biasanya perangkat masukan (Input Devices) yang satu ini banyak digunakan di tempat-tempat karaoke dan dalam acara pertelevisian.

6. Optical Drive

Perangkat masukan Optical Drive terbagi menjadi beberapa macam jenis antara lain CD-ROM, DVD-ROM, dan lain-lain.

CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data dari CD-ROM adalah n × 150 MB/s, dengan kecepatan berputar keinginan CD. Misalnya, jika CD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 52×, maka kecepatan transfernya sebesar 52 × 150 MB/s = 7.800 MB/s. Saat ini, kecepatan CD-ROM yang ada di pasaran antara lain: 32×, 48×, dan 52×.

DVD-ROM (Digital Versatile Disc Read Only Memory) drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan DVD. Kemampuan transfer data dari DVD-ROM adalah n × 10,55 Mbit/s, dengan n adalah kecepatan berputar kepingan DVD. Misalnya, jika DVD-ROM mempunyai kecepatan sebesar 20×, maka kecepatan transfernya sebesar 20 × 10,5 Mbit/s = 211 Mbit/s. saat ini, kecepatan DVD-ROM yang ada di pasaran antara lain: 8×, 12×, 18×, dan 20×.

Perangkat masukan ini sudah sangat jarang digunakan, karena sekarang kebanyakan orang-orang sudah menggunakan bluetooth untuk mentransfer data.

7. Modem

Modem adalah perangkat keras yang paling kecil dari yang lain. Namun perangkat ini sangat penting karena fungsinya yang dibutuhkan setiap orang yang mau mengakses internet, walaupun sekarang dapat menggunakan koneksi dari handphone untuk disambungkan ke laptop atau komputer.

Fungsi dari perangkat kerasa ini adalah untuk menghubungkan laptop atau komputer ke jaringan internet.

8. Touchpad

Touchpad merupakan alat yang memiliki fungsi yang sama dengan perangkat keras mouse. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan dalam bentuk dan penggunaannya. Touchpad berbentuk seperti papan yang memiliki biasanya 2 tombol. Menggunakan Toucpad adalah dengan cara menggerakan salah satu jari kita diatas permukaan khusus seperti papan kecil yang  memiliki  sensor pendeteksi gerakan pada jari dan mengubahnya menjadi alat penunjuk seperti pada perangkat mouse, dan perangkatnya pun dapat dimatikan apabila itu mengganggu. Touchpad dapat ditemukan pada notebook dan laptop.

9. Webcam

Bagi para youtuber pasti tidak asing mendengar perangkat webcam ini, tentu saja karena fungsinya yang sangat membantu. Fungs dari webcam adalah alat perekam video yang memasukan hasilnya dalam format digial.

Webcam biasanya sering digunakan saat sedang video call.

10. Compact Disk ( CD )

Compact Disk memiliki fungsi untuk menyimpan dan membaca data dengan menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

Perangkat ini sangat mudah tergores atau patah, jadi saya sarankan untuk menyimpannya dengan hati-hati.

Comments

Paling Banyak Dibaca

Buah Pisang

SEJARAH BUAH PISANG  Pisang merupakan tanaman yang memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga anggrek. Buah ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Para ahli berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini.Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu. Pisang juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, Yunani, dan Romawi. Pada awalnya, pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa kini merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika. Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pas

Cara menjaga kesehatan mata

  Halo sobat, kali ini saya akan membahas "Cara menjaga kesehatan mata" ide ini muncul ketika teman saya yang memiliki mata rabun, dan semoga saja artikel ini dapat mengurangi mata sobat yang rabun, atau yang lain. Ingat artikel ini tidak dapat mengobati mata keranjang. Oke langsung saja. Selamat membaca : Sebelum kepermasalahannya, saya akan memberikan sedikit informasi tentang bagian-bagian mata. A. Bagian-bagian mata 1. Kornea    Kornea (korneos) adalah bagian mata yang terletak di lapisan paling luar. Bagian ini berupa selaput bening yang bersifat tembus pandang (transparan). Sifat kornea ini membuat cahaya dapat masuk ke dalam sel-sel penerima cahaya di bagian dalam bola mata. Selain berfungsi melindungi mata dari benda-benda asing dari luar, kornea juga berfungsi dalam melakukan refraksi di lensa mata. 2. Iris   Iris adalah bagian mata yang berfungsi mengatur besar kecilnya pupil. Bagian ini jugalah yang memberi warna pada mata. Sebagai contoh, orang

Eubacteria (Bakteri) - Struktur Tubuh, Bentuk, Alat Gerak, Pernapasan, Nutrisi dan Reproduksi

(foto: Liputan6.com) Eubacteria (Bakteri) Eubacteria atau sering disebut dengan bakteria. Kamu dapat memahami lebih lanjut tentang eubacteria, dengan menyimak uraian berikut. 1. Struktur Tubuh Bakteri  Merupakan organisme uniselluler dengan sel yang berukuran 0,5-1 mikron. Umumnya tidak mempunyai klorofil. Mempunyai lapisan lendir yang berperan sebagai pelindung. Pada eubacteria dinding selnya tersusun atas peptidoglikan yang merupakan polisakarida. Pada membran plasma terdapat enzim yang berperan dalam respirasi. Eubacteria umumnya hidup pada kondisi lingkungan yang tidak ekstrem. 2. Bentuk-Bentuk Bakteri Bentuk bakteri beraneka ragam, ada yang berbentuk bola atau peluru (kokus), seperti batang (bacillus), bengkok seperti koma atau sekrup (vibrio), dan spiral (heliks). Sel-sel tersebut biasanya berkoloni atau berkelompok dan mengalami perubahan bentuk, contohnya: Diplokokus, yaitu bakteri kokus berkelompok dua-dua. Streptokokus

Pengertian Bumi, Proses Terbentuknya Bumi, Lapisan Bumi, Komposisi Bumi dan Bukti Bumi Bulat

     Bumi adalah planet ketiga dari Matahari, yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan Planet Biru. Bumi terbentuk sekitar miliaran tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama. Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan melindungi makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan. Litosfer Bumi terbagi menjadi beberapa segmen kaku, atau lempeng tektonik, yang mengalami pergerakan di seluruh permukaan Bumi selama jutaan tahun. Lebih dari 70% permukaan Bumi ditutupi oleh air, dan sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang memiliki banyak danau dan sumber air l

Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Telekomunikasi

Fungsi dan Proses Kerja Perangkat Telekomunikasi 1. Wireline Komunikasi secara wireline adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan kabel. Cara kerjanya adalah dengan mengubah data digital menjadi data sinyal listrik dan kemudian dipancarkan ke tempat tujuan. Kemudian oleh penerima sinyal listrik diubah kembali menjadi data digital. 2. Wireless Berbeda dengan wireline, komunikasi secara wireless adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa menggunakan konduktor elektronik atau tanpa kabel. Cara kerjanya adalah dengan mengubah data digital menjadi data sinyal elektromagnetik dan kemudian dipancarkan ke tempat tujuan. Kemudian oleh penerima sinyal elektromagnetik diubah kembali menjadi data digital. 3. Satelit Mirip dengan wireless, komunikasi secara satelit adalah proses mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa menggunakan konduktor elektronik atau tanpa kabel. H